Begini Alasannya Pemain Sepak Bola Selalu Meludahkan Minumannya Saat Bertanding

Alasan Pemain Sepak Bola Meludahkan Kembali Minumannya saat Bertanding

Alasan Pemain Sepak Bola Meludahkan Kembali Minumannya saat Bertanding – Saat ini demam Piala Dunia 2018 sedang melanda seluruh dunia. Layaknya virus, ajang empat tahunan itu berhasil menular ke seluruh lapisan masyarakat didunia, bahkan masyarakat yang tidak mengerti dunia sepak bola sekalipun ikut tertular euforianya. Dari besarnya euforia piala dunia, pernahkan terpikirkan oleh kita mengapa pemain sepak bola akan meludahkan kembali minumannya? Mungkin hal ini bahkan tidak sekalipun pernah terlintas di pikiran kita semua. Padahal, kejadian seperti ini sering kali kita lihat di semua pertandingan sepak bola. Seorang pengamat sepak bola telah memerhatikan sejumlah pemain yang melakukan hal yang cukup aneh selama pertandingan berlangsung.

Mereka pasti meneguk minuman dan kemudian setelah itu meludahkannya kembali. Fenomena ini disebut The New York Times sebagai pembilasan karbohidrat atau carb rinsing. Menurut para ilmuwan, para pemain yang berkumur larutan karbohidrat di dalam mulut selama 5 hingga 10 detik agar tubuh mereka merasakan energi tambahan. Cara ini dipercaya agar dapat meningkatkan kewaspadaan mereka selama permainan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa praktik ini dapat meningkatkan kinerja dari atletik selama kegiatan yang memiliki intensitas sangat tinggi yang berlangsung sekitar 1 jam bahkan lebih.

Meningkatkan Fungsi Motorik

Diketahui Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 telah mendapatkan hasil bahwa praktik ini lebih efektif untuk meningkatkan kinerja olahraga yang sedang berlangsung sekitar 1 jam, daripada penggunaan daari plasebo (obat-obatan). Namun, Dr. Sourav Poddar, dari UCHealth, diketahui mengatakan bahwa pembilasan karbohidrat hanya akan memberikan peningkatan kinerja hanya sebesar 2 hingga 3 persen. Meskipun penelitian mengenai fenomena unik ini belum menemui sebuah titik terang, para peneliti pada umumnya yakin bahwa pembilasan karbohidrat seperti ini mampu memperbaiki kinerja atlet. Lebih lanjut, Poddar juga mengatakan bahwa reseptor karbohidrat yang berada di mulut mampu untuk mengaktifkan area tertentu di otak manusia yang mana mampu untuk meningkatkan fungsi dari motorik atau pergerakan tubuh.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa rasa manis pada mulut manusia mampu mengubah persepsi mengenai seberapa keras mereka bekerja. Dengan atletr melakukan pembilasan karbohidrat, banyak pemain bola yang percaya bahwa mereka mampu untuk jadi lebih segar dan termotivasi. Poddar juga menambahkan, pembilasan karbohidrat tersebut nggak disarankan untuk kegiatan yang berlangsung lama lebih dari 1 atau 2 jam seperti maraton. Dengan latihan berjangka panjang, seorang atlet perlu untuk mengonsumsi lebih banyak karbohidrat untuk bisa mengisi keperluan otot-otot mereka.  Demikian Alasan Pemain Sepak Bola Meludahkan Kembali Minumannya saat Bertanding. Kunjungi Agen Taruhan Terbaik AG303.

Baca Juga :

Sukses Menjaga Sisi Kanan Pertahanan Timnas Prancis, Bek Ini Menjadi Incaran Klub Raksasa Eropa

Pemain Terbaik Dunia 2007 Terkesan dengan Pencetak Gol Termuda Timnas Prancis di Piala Dunia

3 Kunci Sukses Les Blues Memenangkan Piala Dunia 2018, Nomor 3 Sangat Beralasan

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *