Pro Kontra Terkait Teknologi VAR di Piala Dunia 2018, Tetapi 99,3 Persen Akurat

Kontribusi Besar Video Assistant Referee di Piala Dunia 2018

Kontribusi Besar Video Assistant Referee di Piala Dunia 2018 – VAR (Video Assistant Referee) memulai debutnya di Piala Dunia 2018 Rusia. Perdebatan pro-kontra pun dimulai, banyak yang mendukung, tak sedikit yang mengkritik. Mereka yang mendukung pada umumnya pernah dirugikan kesalahan keputusan wasit pada masa lalu, dan mereka yang mengkritik menilai VAR sudah menghapus satu rasa yang penting di olah raga sepak bola. VAR sudah berkontribusi pada 99,3 persen keputusan tepat sang pengadil pertandingan di Piala Dunia kali ini. Artinya VAR sudah membuat Piala Dunia berjalan lebih adil dan sepantasnya. Banyak pemain dan pelatih yang mengkritik penggunaan VAR. Nodrin Amrabat, pemain Maroko, tegas mengatakan VAR adalah omong kosong. Thiago Alcantara menyebut VAR telah membuat sepak bola kehilangan esensi pentingnya, dan masih banyak lagi.

Walaupun demikian, salah satu wasit terbaik sepanjang masa, Pierluigi Collina terang-terangan mendukung penggunaan VAR. Sosok tegas tanpa ampun yang kini menjabat sebagai ketua komite wasit FIFA ini menilai VAR telah memberikan dampak positif bagi Piala Dunia secara keseluruhan, meskipun masih membutuhkan perkembangan. “Selama kompetisi, tidak mungkin segalanya berjalan 100 persen dengan sempurna. Beberapa hal harus disesuaikan dengan baik, didasarkan pada apa yang terjadi di laga pertama,” ungkap Collina. “95 persen keputusan wasit tanpa VAR sudah benar, dan persentase ini meningkat jadi 99,3 persen berkat campur tangan VAR.”

Keputusan VAR Tidak Bisa Dianggap 100% Tepat

Dikatakannya, VAR tidak pernah menjanjikan keputusan yang sempurna, bagaimanapun sepak bola adalah olah raga manusia, bukan robot. Tetapi baginya angka 99 sekian persen sudah sangat baik. “Seperti yang selalu dikatakan, VAR bukan berarti kesempurnaan. Tetapi seperti yang bisa anda lihat 99,3 persen adalah nilai yang sangat, sangat dekat,” sambung dia. Sudah 24 penalti yang dihadiahkan wasit pada 32 tim yang bermain di fase grup Piala Dunia 2018 Rusia. Dari ke-24 penalti tersebut, tujuh di antaranya melibatkan tinjauan VAR. Data FIFA menyebutkan rerata VAR digunakan dalam 6,9 insiden pada satu pertandingan. VAR juga membantu wasit mengubah 14 keputusan, tiga di antaranya melalui komunikasi nirkabel saat wasit masih di lapangan. Kunjungi Agen Taruhan Terbaik AG303.

Baca Juga :

Fans Timnas Korea Selatan Tak Terima Kegagalan Timnya dengan Melemparkan Benda Ini

Meski Cedera, Bek Manchester City Siap Membantu The Three Lions Raih Juara Piala Dunia 2018

4 Gelandang yang Cocok Dibeli Barcelona, Nomor 3 Sudah Tak Asing Lagi di Barca

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *